7 Cara Pakai Filter di Zoom Buat Meeting Kita Lebih Ceria dengan Filter

Posted on

Cara Pakai Filter di Zoom – Di masa pandemi ini, kegiatan tatap muka menjadi semakin sulit sehingga pertemuan maya menjadi solusinya.

Salah satu aplikasi yang memfasilitasi pertemuan maya ini adalah Zoom. Zoom bisa dikatakan produk terdepan di bidang ini, karena fiturnya yang tergolong paling lengkap.

Salah satu yang fitur yang dihadirkan oleh Zoom adalah filter. Pada artikel ini akan dipaparkan secara bertahap 7 cara pakai filter di Zoom.

Apa sebenarnya fungsi dari filter ini? Filter ini pada dasarnya hanya untuk hiburan saja, tetapi sangat penting untuk mengatasi kebosanan akibat serangkaian rapat daring ataupun webinar.

Untuk bisa memanfaatkan filter ini secara maksimal, hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan upgrade ke versi Zoom 5.2.0. Filter di versi ini sama sekali berbeda dan mempunyai banyak macamnya.

Secara definisi, filter Zoom adalah fitur yang memungkinkan kita untuk mengubah tampilan video terkait nada warna, frame video, dan bahkan penambahan stiker ke wajah kita.

Misalnya, filter Zoom memungkinkan pengguna untuk seperti menggunakan kumis, jenggot, topi, hingga topeng. Melalui filter Zoom ini, pertemuan daring diharapkan menjadi lebih ceria.

Untuk lebih lengkapnya, mari ikuti 7 cara pakai filter di Zoom berikut ini:

Untuk Menggunakan Filter ini Secara Optimal

Pastikan prasyarat ini sudah dipenuhi yaitu pertama Zoom desktop client yang versi minimal 5.2.0

Windows 10 atau mac OS 10.13 (atau lebih tinggi),

CPU yang setidaknya didukung oleh prosesor Intel generasi ke-4 atau lebih tinggi i3, i5, i7, i9 ataupun prosesor AMD Ryzen 3, 5, 7, 9.

Jika prasyarat teknis ini sudah dipenuhi

Maka mari lanjut pada poin berikutnya. Pengguna dapat melakukan penambahan filter ini dari sebelum memulai masuk ke ruangan Zoom.

  Xprofile Mod Apk

Caranya adalah dengan membuka klien desktop Zoom, pilih profile picture kita sendiri dan masuk ke pilihan ‘Settings/ Pengaturan’.

Setelah memasuki bagian tersebut, cari bagian ‘Background & Filters’ di jajaran kiri lalu klik, lalu pilih opsi ‘Video Filters’ yang ada di sebelah ‘Virtual Backgrounds’ dibawah preview video kita.

Bagaimana jika kita memutuskan untuk mengganti filter

Bagaimana jika kita memutuskan untuk mengganti filter saat sudah masuk ke ruangan Zoom?

Jangan khawatir karena hal tersebut masih bisa dilakukan. Untuk melakukannya, buka layar utama dan klik ‘panah atas’ yang lokasinya ada di sebelah tombol bagian merekam di bagian bawah.

Saat menu popup, silakan klik ‘Choose Video Filter’ dan pilih salah satu filter yang ada di menu untuk diterapkan pada tampilan video kita. 

Mengunduh sticker pack Zoom

Perlu diingat bahwa jika pengguna baru pertama kali mengakses tab tersebut, maka kita harus mengunduh sticker pack Zoom terlebih dahulu sebelum bisa diterapkan pada tampilan video. 

Cara pakai filter di zoom lainnya

Cara pakai filter di zoom lainnya adalah penggunaan aplikasi eksternal yaitu Snap Camera.

Snap Camera ini bukan berasal dari fitur Zoom sehingga kita harus mengunduhnya di Play Store.

Jika sudah berhasil mengunduh, hal yang dilakukan berikutnya adalah melakukan proses instalasi.

Proses instalasi ini dijalankan secara umum saja, sampai timbul notifikasi bahwa aplikasi Snap Camera berhasil terpasang. 

Setelah itu, masuk ke aplikasi Snap Camera dan pilih background atau efek animasi yang diinginkan.

Jika sudah mendapatkan gaya yang kita inginkan, pilih ikon Close yang ada pada Snap Camera.

Perlu diperhatikan bahwa yang ditutup ini hanyalah pilihan filternya saja, sementara aplikasinya dibiarkan tetap berjalan selama pertemuan berjalan di Zoom.

Berikutnya, kita kembali masuk ke aplikasi Zoom dan mengaturnya di dalam Zoom. Cari tombol Setting, klik Video, dan pada kotak Camera, kita pilih Snap Camera agar filter yang dipilih dapat terhubung secara otomatis. 

Saat meeting sudah berlangsung, kita bisa menambahkan efek Snap Camera di tengah-tengah meeting.

Bagaimana caranya? Cukup tekan ikon panah ke atas di pojok kiri bawah layar Zoom, lalu klik Snap Camera di bagian kolom Select a Camera.

  Filter IG Jedag Jedug

Efeknya, filter yang telah dipilih di Snap Camera akan terhubung secara otomatis dengan Zoom. 

Hal yang perlu diingat adalah memastikan agar aplikasi Snap Camera ini tetap berada di latar belakang.

Hal ini untuk mengantisipasi penggunaan efek animasi dari Snap Camera yang kadang-kadang hilang. Intinya, kita harus mengaktifkan aplikasi selama meeting berlangsung.

Ini disebabkan karena Snap Camera ini adalah fitur eksternal dan bukan bawaan dari Zoom-nya sendiri. 

Apakah kita bisa mematikan filter ini?

Apakah kita bisa mematikan filter ini? Terutama pada meeting yang lebih serius, kadang penggunaan filter menjadikan suasana menjadi kurang sesuai.

Kita bisa memulainya dengan menekan tombol Alt pada keyboard pada saat Zoom meeting berjalan untuk menampilkan menu tindakan.

Setelah itu klik ikon panah ke atas yang ada di samping ikon Stop Video yang lokasinya berada di bawah jendela Zoom meeting. 

Berikutnya, pilih menu Choose Video Filter pada daftar menu yang tersedia.

Kemudian jendela Pengaturan atau Settings akan terbuka dan langsung menyediakan beraneka pilihan filter dan latar. Di sini kitab bisa mengganti atau mematikan filter. 

Apakah filter ini hanya dapat digunakan pada laptop?

Seringkali timbul pertanyaan, apakah filter ini hanya dapat digunakan pada laptop?

Bagaimana dengan penggunaan filter pada ponsel? J

awabannya, baik itu Android maupun iPhone, keduanya belum memungkinkan untuk menggunakan filter ini.

Filter tersebut memang masih hanya diperuntukkan untuk pengguna laptop atau komputer.

Terkait dengan penggunaan Snap Camera, perlu untuk mempertimbangkan syarat-syarat teknis tertentu. Misalnya, sistem operasi yang digunakan adalah MacOS 10.13 atau Windows 10 64 bit atau yang lebih mutakhir. 

Selain itu, Snap Camera juga hanya mendukung pada PC dan laptop dengan kartu grafis semacam Nvidia GeForce 710, Intel HD Graphics 4000, atau AMD Radeon HD 6450.

Berikutnya, prosesor yang dibutuhkannya adalah Intel Core i3 2.5 GHz atau AMD FX 4300 2.6 GHZ dengan RAM sekurang-kurangnya 4 GB.

Sebagai pertimbangan, ada beberapa filter yang biasa digunakan oleh pengguna

Gum

Filter ini menggunakan lapisan dengan warna yang ditingkatkan tapi dengan rona skin yang agak kontras dengan kesan lebih hangat. Filter ini menarik jika kita berada di tempat yang terlalu terang, yang dengan demikian filter gum akan secara otomatis menurunkan tingkat pencahayaan agar tampilannya lebih terlihat menarik.

  10 + Aplikasi Edit Foto Menjadi Kartun Untuk Android, ios, Pc dan Laptop

Boost

Sebaliknya, jika tempat kita melakukan pertemuan maya ini tidak menerima cahaya yang terlalu bagus, sehingga tampilan video menjadi lebih gelap, Zoom bisa mengatasinya lewat filter boost ini. Boost akan secara otomatis meningkatkan saturasi warna sehingga tampilan video menjadi lebih cerah.

Noir

Filter lainnya adalah noir yang cocok untuk pertemuan di mana kita ingin agar tampilan video hanya fokus pada wajah kita saja. Filter ini memungkinkan kita untuk meminimalisasi gangguan yang muncul dari latar sehingga orang lain tidak terganggu saat berbicara dengan kita.

Karena selain praktis, juga menarik. Filter-filter tersebut misalnya sebagai berikut:

Tentu filter dalam Zoom ini tidak hanya sebatas tiga yang disebutkan di atas.

Ada banyak filter yang bisa digunakan sesuai selera dan tidak hanya yang berkaitan dengan efek warna saja.

Ada juga filter-filter menarik yang bisa menambahkan aksesoris di wajah sehingga biasanya menimbulkan suasana segar di dalam pertemuan. 

Ada sejumlah pertimbangan yang bisa dilakukan terkait pemilihan filter.

Pertama adalah pertimbangan teknis, yaitu apakah dengan menggunakan filter, kita akan terbantu untuk mengatasi pencahayaan atau background demi kepentingan Zoom meeting.

Apabila kita berada di tempat yang background-nya berantakan, maka alangkah lebih baik kita memilih filter yang bisa mengaburkan latar belakang agar tidak mengganggu pengguna lainnya. 

Jika masalah teknis tersebut telah teratasi, baru kita bisa mulai mempertimbangkan untuk menggunakan filter yang menghibur, yang sekiranya cocok dengan suasana meeting.

Pemilihan filter ini tentu bisa disesuaikan dengan minat ataupun karakteristik dari masing-masing pengguna. 

Demikian beberapa hal terkait cara pakai filter di Zoom.

7 cara pakai filter di Zoom di atas bisa diterapkan pada setiap meeting agar suasana menjadi lebih hangat dan ceria.

Jika filter kita menarik, biasanya mengundang komentar-komentar lucu dari peserta meeting dan itu akan menciptakan kondisi yang berbeda.

Semoga artikel di atas bermanfaat dan dapat mengurangi ketegangan yang kita alami di masa pandemi ini.

Artikel Uptodown Lainnya

Camera Zoom FX Android

Zoom Cloud Meetings

Google Camera Apk