Wajib Baca! Cara Reset Printer Epson L120 ini Ternyata Mudah

Posted on
Cara Reset Printer Epson L120

Cara Reset Printer Epson L120 – Printer Epson L120 adalah salah produk printer yang banyak diminati karena berbagai kelebihannya.

Printer ini punya peran multifungsi karena tak hanya berguna untuk mencetak dokumen saja. Anda juga bisa memanfaatkan printer Epson L120 untuk kepentingan lain seperti cetak foto, scanning, dan juga meng-copy file.

Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan in tank system atau tabung tinta pengisian. Hebatnya, printer Epson L120 juga memiliki fitur penanda bahwa printer sedang dalam masalah. Hal tersebut ditandai dengan sinyal berkedip atau blink berwarna merah pada printer.

Kedipan berwarna merah pada printer juga bisa jadi pertanda bahwa alat tersebut perlu untuk direset. Jika Anda nantinya menemui kendala tersebut, simak cara reset printer Epson L120 berikut ini.

Ketahui Penyebab Printer Perlu Direset

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara reset printer Epson L120, ada baiknya untuk mengetahui hal-hal yang menyebabkan printer bermasalah dan perlu direset ulang.

Selain adanya blink berwarna merah, tanda-tanda lain yang menunjukan printer dalam keadaan error umumnya akan muncul di layar komputer.

Pemberitahuan mengenai error printer bermacam-macam seperti, service required, ink waste is full, it is nearly time to reset the ink levels, atau ink pad is at the end of its service live.

Mungkin dalam hati Anda bertanya-tanya apa yang menyebabkan printer minta direset ulang? Bisa jadi, salah satu penyebab di bawah ini menjadi alasannya.

1. Tinta Habis

Saat indikator merah yang berkedip-kedip muncul di printer Anda, jangan buru-buru menyimpulkan bahwa printer tersebut membutuhkan reset ulang.

Bisa jadi penyebab utamanya adalah stok tinta di dalam printer yang sudah habis. Untuk mengatasi hal ini, caranya sangat mudah, Anda hanya perlu melakukan pengisian ulang tinta ke dalam printer.

  Cara Memperbesar Resolusi Foto di HP dan Online

2. Paper Jam

Pada saat mencetak banyak dokumen, kertas yang masuk ke dalam printer bisa tersangkut ke dalam badan printer dan membuatnya mengeluarkan sinyal berupa blink merah.

Saat hal ini terjadi, proses cetak dokumen seketika berhenti dan tidak bisa dilanjutkan sebelum Anda membenahi tumpukan kertas yang mengganjal di printer.

3. Roller Printer Bermasalah

Saat roller printer bermasalah, hal ini bisa menyebabkan banyak problem. Dari yang tidak bisa menarik kertas, paper jam seperti yang sudah diulas sebelumnya, atau printer yang tidak bisa digunakan untuk mencetak dokumen.

4. Posisi Cartridge Bergeser

Mesin printer sewaktu-waktu bisa berkedip karena adanya masalah pada bagian cartridge. Bisa saja posisi catridge bergeser karena tersenggol dan membuat proses cetak dokumen bermasalah.

Jika hal ini terjadi maka segera posisikan cartridge tersebut ke tempat semestinya.

5. Tinta Limbah yang Meluap

Penyebab lain yang membuat printer Epson L120 perlu diperbaiki adalah tinta limbah di dalamnya meluap.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Di dalam mesin printer, khususnya seri L120, terdapat bantalan tinta limbah yang berfungsi untuk menyaring semua limbah tinta saat dipakai untuk mencetak dokumen.

Jika proses penyerapan limbah tersebut meluap, maka mengakibatkan printer bermasalah. Saat hal ini terjadi, maka Anda harus siap untuk memikirkan cara reset printer Epson L120.

6. Printer Not Responding

Sebuah printer dikatakan not responding saat sistem di dalamnya mengalami eror sehingga tidak mampu merespon perintah mesin.

Penyebab utama dari masalah ini adalah adanya kerusakan pada penghantaran data saat proses cetak dokumen.

Hal hal yang Sebaiknya Dicek Sebelum Reset Printer Epson L120

Cara Reset Printer Epson L120

Sebelum masuk ke langkah-langkah setel ulang printer Epson L120, Anda bisa melakukan pengecekan pada beberapa komponen yang ada di dalam printer. Ulasannya bisa disimak berikut ini.

  • Cek tabung tinta yang ada di dalam printer dan lakukan pengisian ulang apabila tinta sudah habis. Perhatikan juga selang penghubung mesin printer dan pastikan keadaan normal dan tidak macet.
  • Cartridge sebaiknya rutin dicek agar tidak menimbun benda-benda seperti kertas yang sobek. Anda juga sebaiknya rutin membersihkan cartridge dari kotoran dan debu agar tidak menjadi pemicu kerusakan printer.
  • Roller merupakan salah satu komponen printer yang cukup sering menyumbang masalah pada printer. Berbagai kendala seperti paper jam, printer tidak dapat menarik kertas, atau mesin print tidak dapat mencetak dokumen berasal dari roller yang bermasalah.
  • Jangan lupa untuk segera membuang sisa limbah tinta yang ada di tabung agar printer tidak memberikan sinyal blink merah. Rajin-rajinlah untuk mengeceknya dan sedot sampai habis apabila sudah penuh.
  • Pastikan kabel USB yang jadi penghubung printer ke komputer sudah terpasang dengan benar agar printer terhindar dari berbagai masalah yang mungkin datang tak terduga.
  Cara Reset Printer HP Deskjet 2135

Apabila semua komponen tadi sudah dicek dan printer masih tidak bisa dioperasikan, maka solusinya adalah melakukan setel ulang.

Ada dua cara untuk reset printer Epson L120 yaitu secara manual dan memanfaatkan software khusus. Langkah-langkah detailnya dapat Anda baca dengan terus menyimak artikel ini.

Informasi Tentang Cara Reset Printer Epson L120 

Cara Reset Printer Epson L120

Pada kasus tertentu, Anda mungkin dihadapkan dengan kenyataan untuk mengganti cartridge agar printer bisa dipakai lagi secara normal.

Sayangnya, harga cartridge sendiri sangat mahal, bahkan bisa mencapai harga printer baru. Sebelum mengganti cartridge menjadi harapan terakhir untuk mengatasi printer yang rusak, Anda bisa mencoba untuk mempelajari cara reset printer Epson L120.

Melakukan reset ulang printer bisa dilakukan dengan dua metode, yaitu secara manual dan lewat bantuan software. mana yang sebaiknya dipilih? Agar lebih mantap dalam memilih metode yang tepat, simak perbandingannya di bawah ini.

1. Reset Printer Epson L120 Manual

Reset printer secara manual tidak terlalu direkomendasikan karena hanya bersifat sementara dan sewaktu-waktu bisa error lagi.

Namun, cara ini sangat membantu bagi Anda yang sedang dalam keadaan terdesak untuk segera memperbaikinya dalam waktu singkat.

Saat menemui momen ini, jangan ragu untuk mereset ulang printer Epson L120 Anda dengan langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama-tama, Anda bisa mematikan mesin printer dan mencabut kabel printer dari colokan selama tiga menit.
  • Setelah tiga menit berlalu, Anda bisa menghubungkan kembali kabel printer ke colokan terdekat.
  • Tekan tombol power untuk menyalakan printer dan diamkan sampai suara printer terhenti dengan sendirinya.
  • Proses reset printer Epson L120 bisa Anda lanjutkan dengan menekan tombol power dan resume secara bersamaan. Tekan kedua tombol tadi dalam waktu 5 detik, lalu lepaskan.
  • Lanjutkan dengan menekan kembali tombol resume saja selama 5 detik.
  • Setelah melakukan langkah sebelumnya, printer akan mengalami spooling dan berhenti berputar dengan sendirinya.
  • Jika langkah-langkah tadi dilakukan dengan benar, maka sinyal merah pada printer akan hilang yang berarti, mesin printer bisa dipakai kembali.
  Nama PUBG Keren

2. Reset Ulang Printer Epson L120 dengan Bantuan Software

Walaupun memakan waktu yang lebih lama dari cara manual, namun melakukan reset ulang printer dengan bantuan software sangat efektif dan memperbaiki printer dalam waktu yang lama.

Software khusus yang dipakai untuk reset ulang printer Epson L120 bernama Resetter Epson. Urutan memperbaiki printer dengan software ini telah terangkum di bawah ini.

  • Langkah awal untuk menyetel ulang printer agar kembali bisa digunakan adalah download software Resetter Epson L120 dan simpan ke memori penyimpanan komputer.
  • Jalankan file “Adjprogcracked.exe” di dalam software yang akan mengarahkan Anda ke halaman Epson Adjustment.
  • Karena printer yang akan disetel ulang adalah seri L120, maka Anda bisa pilih model printer L120 dan klik pada bagian Waste Ink Pad Counter.
  • Kemudian Anda bisa melanjutkan dengan mencentang pilihan Main Pad Counter dan klik Check.
  • Berikan tanda centang lagi pada pilihan Main Pad Counter lalu tekan Initialization.
  • Tunggulah beberapa saat hingga muncul perintah untuk menonaktifkan mesin printer pada layar komputer.
  • Setelah dimatikan, nyalakan kembali printer Epson L120 Anda untuk dipakai kembali.

Ada hal penting yang perlu Anda lakukan sebelum melakukan proses reset ulang pada printer Epson L120.

Anda sebaiknya menonaktifkan antivirus di komputer untuk menghindari false alarm yang menganggap bahwa software Resetter Epson merupakan sebuah ancaman virus.

Demikian rangkaian informasi yang bisa Anda simak tentang cara reset printer Epson L120. Sebelum melakukan reset pada printer, ada baiknya Anda mencari tahu penyebab dari kerusakan yang terjadi.

Apabila printer memang harus disetel ulang, usahakan untuk memilih cara reset dengan menggunakan software dibandingkan dengan cara manual.

Walaupun cara manual lebih cepat dilakukan, namun cara ini harus Anda ulang-ulang di kemudian hari karena pertolongan dengan metode manual hanya bersifat sementara.

Jadi, lebih baik pilih cara setel ulang printer Epson L120 dengan menggunakan software Resetter Epson untuk hasil yang lebih awet dan tahan lama.

Artikel Uptodown lainnya :

Situs Download Film Indonesia, Legal Dan Gratis. Bikin Nonton Makin Seru!

Jangan Lewatkan Cara Transfer Kuota Khusus Telkomsel, Indosat, dan XL Berikut

17 Permainan yang Menghasilkan Uang Asli, Berikut Dampak Positif dan Negatifnya!

Rate this post