Cara Siaran Langsung di TikTok, Simple dan Menghasilkan!

Posted on

Cara Siaran Langsung di TikTok – TikTok merupakan aplikasi dengan berbagai fitur menarik di dalamnya. Sebagai salah satu aplikasi dengan perkembangan terpesat di dunia, TikTok terus memperbarui fitur-fiturnya untuk meningkatkan pengalaman penggunanya, salah satunya melalui fitur live atau siaran langsung. 

Nah, artikel ini akan membahas beberapa cara siaran langsung di TikTok. Bagi kamu yang penasaran, langsung saja disimak, yuk!

Apa itu TikTok?

Gen Z, pasti familiar dong, dengan TikTok? Ya, TikTok adalah aplikasi khusus membagikan video pendek yang dikembangkan oleh ByteDance, perusahaan teknologi internet asal Cina.

Biasanya, aplikasi ini digunakan untuk membuat variasi video pendek dalam beberapa genre, mulai dari hiburan sampai edukasi. 

Popularitas TikTok

Sejak dirilis pada tahun 2016, popularitas TikTok berkembang pesat seiring berjalannya waktu. Morning Consult bahkan menobatkan TikTok sebagai brand dengan pertumbuhan tercepat ketiga di tahun 2020.

Melansir dari Sensor Tower, pada tahun 2020 aplikasi TikTok telah diunduh sebanyak 2.6 miliar kali. Per Februari 2021, TikTok memiliki sekitar 1.1 miliar pengguna bulanan aktif. 

Di Indonesia sendiri, pengguna TikTok mencapai angka 22.2 juta per Agustus 2020. Angka ini merupakan yang tertinggi kedua di dunia setelah Amerika Serikat dengan jumlah 65.9 juta pengguna. 

Angka yang fantastis, bukan?

TikTok sebagai Sumber Penghasilan

Saking melejitnya popularitas TikTok, aplikasi ini perlahan menjadi bagian strategi pemasaran bisnis-bisnis kecil, menengah, hingga besar. 

Bisnis-bisnis tersebut dapat membuat akun TikTok mereka sendiri dan mengunggah video berupa tarian populer atau dialog yang dilengkapi dengan transisi ciamik. Tentunya, mereka akan mereferensikan bisnis mereka dalam video tersebut. 

Tren pemasaran ini menciptakan peluang kerja baru sebagai talent. Talent TikTok bertugas merancang dan merekam video TikTok untuk sebuah bisnis maupun organisasi. 

Sementara talent bekerja di bawah nama sebuah bisnis, cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan membayar influencer TikTok untuk mempromosikan bisnis mereka. 

  Ayo Kenalan dengan Aplikasi X8 Sandbox yang Bisa Bikin Para Gamers Jatuh Cinta

Dibandingkan talent, tarif endorsement influencer TikTok ditentukan oleh jumlah pengikut akun tersebut dan tingkat engagement-nya. 

Salah satu influencer terpopuler di TikTok adalah Chali D’Amelio. Dengan jumlah 121 juta pengikut dan 9.7 miliar tanda suka, Charli dapat meraup 50.000 USD atau 724 juta rupiah per video. 

Fitur Siaran Langsung di TikTok

Seperti kebanyakan platform sosial lainnya, TikTok juga menyediakan fitur live-streaming atau siaran langsung. Tapi, fitur ini hanya tersedia untuk kamu yang berusia 16 tahun ke atas dengan tidak kurang dari 1.000 jumlah pengikut. 

Fitur live TikTok dapat kamu gunakan untuk berinteraksi dengan pengikutmu. Selama tidak melanggar peraturan TikTok, kamu bisa membagikan apa saja.

Durasi live TikTok pun tidak ditentukan. Lakukan siaran langsung selama kamu mau, tapi penting untuk mempertimbangkan penonton. Jangan sampai mereka jadi bosan. 

Yang menyenangkan, selagi berinteraksi dengan pengikutmu, kamu bisa menghasilkan uang dengan gift yang diberikan penonton. Semakin tinggi nilai gift, semakin tinggi pula uang yang bisa kamu cairkan. 

Namun, karena konversinya kecil, gift yang bisa kamu cairkan mungkin tidak seberapa bernilai.

Fitur Baru Live TikTok

Baru-baru ini, TikTok menambahkan beberapa elemen pelengkap di fitur live-nya untuk mendukung pengalaman pengguna. 

Apa saja sih, fitur-fitur baru tersebut?

1. Scheduled Events

Dengan scheduled events, kamu bisa membagikan event card untuk jadwal live-stream kamu selanjutnya. 

Saat seseorang menekan ‘Register’, pengingat otomatis akan ditambahkan ke akun mereka. 

2. Live Guests

Kamu juga bisa mengundang orang lain ke dalam siaran langsung di TikTok dan tampilan live-stream akan terbagi menjadi dua.

Fitur ini bukan fitur baru, sebenarnya. Sebelumnya, hanya akun dengan 5.000 pengikut yang dapat mengundang guest ke dalam live TikTok mereka. Saat ini, fitur ini juga dapat digunakan oleh mereka yang memiliki 1.000 pengikut. 

3. Q&A Overlay

Sementara penonton memposting pertanyaan via kotak komentar selama siaran langsung, penyiar dapat membagikan overlay dari pertanyaan tersebut dan menjawabnya secara langsung. 

Hal ini berguna untuk memberikan konteks pembicaraan kepada penonton kamu. 

  Filter Monyet Tiktok

Pada Januari 2021, fitur ini hanya tersedia untuk akun-akun terpilih. Saat ini, semua akun yang memenuhi persyaratan untuk mengadakan siaran langsung juga dapat menggunakannya. 

Live-Shopping di TikTok

Rencananya, fitur siaran langsung di TikTok juga akan memungkinkanmu melakukan live-shopping, loh.

Sistemnya hampir sama dengan fitur live-shopping di situs jual beli online, penjual akan mempromosikan barang dagangannya dan tombol ‘beli’ akan muncul di layar. Masukkan ke keranjang, lalu tinggal check-out.

Sayangnya, fitur ini masih dalam tahap percobaan sehingga belum tersedia untuk semua pengguna TikTok. Saat ini, TikTok masih mengujinya dengan bekerja sama dengan brand-brand besar, seperti Walmart. 

Tidak menutup kemungkinan bahwa fitur live-shopping akan diresmikan dalam jangka waktu dekat, sehingga kamu juga bisa mempromosikan bisnismu. 

Cara Siaran Langsung di TikTok

Nah, mengingat berbagai keuntungan yang ditawarkan fitur live TikTok, tidak ada salahnya mencoba. Berikut ini cara siaran langsung di TikTok yang dapat kamu lakukan:

1. Buka aplikasi TikTok.

2. Klik ikon ‘Create’, swipe ke atas untuk melakukan siaran langsung.

3. Pilih gambar dari HP-mu dan berikan judul live-stream.

4. Untuk memulai live-stream, klik ‘Go Live’.

5. Tekan tanda tiga titik untuk memutar kamera atau menambahkan efek. Tanda tersebut juga bisa kamu gunakan untuk membatasi komentar dan menambahkan paling banyak 20 moderator. 

6. Sementara berinteraksi dengan pengikut, fitur gift akan muncul di layar penonton. Ingat, jangan pernah memaksa penonton untuk memberikan kamu gift, karena hal tersebut dilarang oleh TikTok. 

Bagaimana? Cara siaran langsung di TikTok cukup mudah, kan? Karena mementingkan kenyamanan pengguna, tentu TikTok akan menyediakan langkah yang sederhana untuk kamu. 

Selain itu, pada dasarnya, cara siaran langsung di TikTok tidak jauh berbeda dengan platform lain.

Yang Harus Diperhatikan Sebelum Live di TikTok

Setelah mengetahui cara siaran langsung di TikTok, jangan lupa untuk perhatikan hal-hal ini:

1. Time slot

Saat melakukan live TikTok, penting untuk mempertimbangkan jam prime time. Di Jakarta, Indonesia sendiri, jam prime time-nya berlangsung dari pukul 2 siang hingga 6 sore. 

Selain jam prime time, kamu juga perlu mempertimbangkan jam aktif pengikutmu. Untuk mengetahuinya, kamu bisa mengadakan polling atau bertanya pada mereka saat kamu mengadakan siaran langsung di TikTok. 

  Menggunakan Filter Monyet TikTok

2. Durasi

Kamu bisa menentukan durasi live TikTok sesuka hatimu, tapi lama waktu yang terbaik adalah tiga puluh menit. 

3. Tetap aktif

Cobalah untuk mengunggah video sebelum siaran langsung di TikTok. Dengan begitu, saat seseorang melihat videomu sementara kamu mengadakan live, ikon spesial akan muncul dan menuntun mereka langsung ke live TikTok kamu. 

4. Pencahayaan

Siapkan pencahayaan yang memadai untuk membantu penonton fokus pada apa yang ingin kamu siarkan. 

5. Suara

Temukan tempat yang sunyi tanpa background noise untuk melakukan live-stream. Tentunya, kamu ingin penonton mendengarkan setiap kata yang kamu ucapkan. 

6. Koneksi internet

Jangan lupa uji koneksi internet di tempat kamu akan mengadakan siaran langsung di TikTok, karena siaran langsung membutuhkan koneksi internet yang stabil.

7. Sudut kamera

Pilih sudut kamera yang menampilkan visual terbaik kamu. Hindari gerakan berlebihan selama live TikTok. 

8. Buat rencana

Pikirkan dengan baik apa yang akan kamu lakukan selama siaran langsung. Tidak perlu membuat naskah, hanya agenda saja. Dengan begitu, kamu bisa fokus pada apa yang akan kamu lakukan. 

9. Interaksi dengan penonton

Berinteraksi dengan penonton akan membuat mereka betah menonton live TikTok kamu. Bangun hubungan dengan menjawab komentar dan pertanyaan mereka.

10. Batasi komentar

Kalau menemukan komentar yang membuatmu tidak nyaman, kamu bisa memilih untuk memfilter komentar, membatasi komentar, dan memblokir mereka dari siaran langsung di TikTok kamu. 

Jadi, begitulah beberapa cara siaran langsung di TikTok beserta tips dan panduan live di TikTok. Karena mengutamakan kenyamanan dan kemudahan pengguna, kamu tidak akan menemukan kesulitan selama menayangkan siaran langsung di TikTok. 

Siaran langsung ini juga bisa jadi salah satu cara menghasilkan uang dari TikTok yang bisa kamu coba, terutama jika kamu berpengikut banyak atau memiliki sebuah bisnis.

Kuncinya adalah dengan membangun dan menjaga hubungan dengan penonton live TikTok kamu.

Artikel Uptodown Lainnya

Video Tiktok Tanpa Watermark

Filter IG Kacamata

Menggunakan Filter Monyet TikTok

Rate this post