Google Form Tidak Bisa di Isi

Posted on

Mengapa Google Form Tidak Bisa Diisi? Ini Solusinya

Google Form Tidak Bisa di Isi – Google Form sebagai salah satu layanan yang dapat digunakan untuk membuat formulir secara online.

Formulir yang dibuat pun bisa dinikmati secara gratis atau bebas biaya. Meski demikian, banyak kasus Google Form tidak bisa diisi.

Namun, tetap saja layanan ini banyak digunakan dalam pekerjaan maupun media belajar. 

Dengan adanya form, membantu Anda dalam merencanakan sebuah acara, mengirim undangan, memberikan ujian atau kuis, hingga mengumpulkan berbagai macam informasi dengan efisien.

Form yang telah dibuat juga terhubung dengan spreadsheet. Tanggapan otomatis pun akan dikirimkan ke spreadsheet. Pengguna juga bisa melihat ringkasan tanggapan pada halaman yang diakses dari menu. 

Dengan adanya spreadsheet, pengguna dapat mengajukan berbagai macam pertanyaan, termasuk letak pengguna merespon pertanyaan pilihan ganda, daftar pertanyaan berupa esai, pertanyaan skala, dan masih banyak fitur lainnya.

Anda pun dapat mengganti tema yang menarik pembaca nantinya, terlebih aksesnya pun sangat mudah.

Namun terkadang, beberapa pengguna juga tidak menyadari jika Google Form merupakan bagian dari Google Drive.

Dengan demikian, saat hendak membuat formulir Anda sudah harus login atau memiliki akun Google terlebih dahulu. 

Apakah Google Form Aman Digunakan?

Mungkin Anda juga bertanya-tanya, apakah formyang dibuat aman? Mengingat, file yang dikirim pun juga penting dan sangat rahasia.

Berkaitan dengan keamanannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Data yang ada di dalam form tidak hilang karena telah tersimpan pada Google Drive.

Apalagi, orang tidak dapat mengakses link secara sembarangan. Hanya orang yang dibagikan saja yang bisa mengakses.

  Tips Pintar Memilih Set Top Box Android TV Terbaik

Jadi, tidak perlu takut data hilang ataupun rusak. Ditambah, Anda bisa mengaksesnya kapan saja.

Fungsi Dari Google Formulir

Tentu banyak sekali manfaat ketika menggunakan layanan tersebut. Bahkan bukan hanya membuat formulir, melainkan juga bisa digunakan sebagai tempat mengisi kuesioner.

Hal ini, sangat memudahkan beberapa orang yang sedang melakukan kegiatan survei. Salah satunya, saat menulis skripsi, di mana membutuhkan sebuah feedback (umpan balik), data penelitian, keperluan riset ilmiah, dan masih banyak lagi. 

Selain itu, banyak pula digunakan sebagai pengerjaan latihan soal maupun pengerjaan formulir registrasi kerja. Semakin majunya teknologi membawa dampak yang positif dari penggunaannya.

Dengan begitu, ketika melamar kerja dapat dilakukan di mana saja dan tak terbatas wilayah. Cukup mengisi nama, alamat email, pertanyaan tes kerja, dan lainnya. 

Fungsi lainnya bisa digunakan sebagai formulir pembelian produk. Beberapa toko online menerapkan metode ini, sehingga tidak perlu menulis pesanan secara manual lagi.

Isi formulir pun otomatis terekam dan masuk ke dalam email penerima..

Kelebihan Menggunakan Google Formulir

Selain fungsi, terdapat pula kelebihan Google Form yang dapat membantu Anda dalam urusan belajar maupun bekerja. 

1. Sangat Mudah Digunakan

Sudah tidak perlu diragukan jika layanan Google ini memang mudah digunakan. Terlebih, memberikan kemudahan bekerja dan belajar meski berjauhan sekalipun.

Selain itu, proses pembuatannya pun tidak rumit, cocok untuk pemula. Jadi, cukup mengikuti langkah-langkahnya hingga selesai. Lalu, Google Formulir sudah dapat digunakan. 

2. Gratis Bebas Biaya

Mendengar istilah ‘gratis’, sudah pasti membuat siapa saja akan merasa senang, bukan? Begitu pula Google formulir, yang menawarkan layanan dengan bebas biaya.

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menikmati layanan tersebut.

3. Memiliki Program yang Ringan

Saat mengakses form tidak perlu menunggu waktu yang lama karena program yang dijalankan begitu ringan, sehingga dapat menggunakannya tanpa kendala.

Terlebih, bisa digunakan oleh perangkat apapun, baik smartphone maupun laptop. 

4. Mudah Dibagikan

Form yang telah dibuat dapat dibagikan ke berbagai macam platform maupun orang-orang yang mendapat akses link tersebut. Tak hanya itu, pengguna dapat membukanya tanpa harus terkendala atau meminta akses masuk.

Maka dari itu, banyak orang yang menggunakannya sebagai survei untuk mengumpulkan informasi. Pada saat membagikannya juga sangat gampang, cukup memilih tombol kirim dan dibagikan ke informan yang ingin dituju. 

  Pahami Sekilas tentang Savefrom

5. Terdapat Berbagai Macam Fitur

Salah satu kelebihan yang paling penting adalah fiturnya yang lengkap. Bukan hanya membuat formulir saja, melainkan bisa digunakan untuk membagikan dokumen, slide (powerpoint), dan adanya fitur spreadsheet. 

6. Data Responden Bervariasi

Bagian penting lainnya adalah melihat hasil tanggapan dari responden survei yang telah dikumpulkan. Anda bisa melihat hasil yang dikumpulkan secara otomatis dan rapi.

Selain itu, bisa melihat info mengenai waktu.  Bahkan, penyuguhan data bisa dilihat dengan bermacam mode, seperti diagram, hingga pieyang terdapat dalam fitur spreadsheet.

Sangat mudah kan? Akan tetapi, terkadang layanan ini sangat sulit di akses, seperti Google Form tidak bisa diisi ataupun tidak bisa dipencet.

Penyebab Google Form Tidak Dapat Diisi

Jangan panik dahulu, bila Google formulir tidak dapat terisi. Nah, beberapa penyebab ini bisa Anda pahami.

Terlebih, bila Anda sedang mengalami masalah tersebut, wajib memperhatikan beberapa penyebab di bawah ini yang dapat membuat form tidak dapat terisi. 

1. Browser Error

Penyebab utama Google Form tidak bisa diisi atau tidak bisa mengakses apapun, yaitu browser yang sedang digunakan sedang eror.

Sebenarnya, gangguan pada browser bukan hanya dialami saat sedang membuka form saja, melainkan bisa terjadi pada seluruh produk layanan Google.

Biasanya browser mengalami not responding atau tidak bisa merespon akibat bug. Solusi dari gangguan tersebut adalah menghapus lalu mengunduh kembali atau bisa menggunakan browser lain sebagai jalan pintasnya.

2. Belum Melakukan Pembaruan Browser

Gangguan error atau not responding bisa disebabkan karena Anda belum memperbarui browser tersebut.

Hal ini yang membuatnya tidak bisa support dalam mengakses form. Setiap aplikasi memiliki versinya yang akan terus di upgrade, guna mengatasi bug ataupun menambahkan fitur terbaru.

Sama halnya, dengan tubuh yang tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, pasti akan mengganggu produktivitasnya.

Oleh karena itu, jangan sampai lupa melakukan pembaruan browser. Dengan demikian, Anda bisa mengakses layanan tersebut dengan normal. 

3. History Pencarian Tidak Dihapus

Penuhnya history jelajah pencarian Google juga berdampak pada lambatnya mengakses form hingga tidak bisa dipencet.

Terlebih, sampah history cache pada browser akan semakin menumpuk bila tidak pernah dihapus atau dibersihkan. Browser yang lambat merupakan indikasi penuhnya sampah-sampah hasil pencarian di internet.

  Cara Mengganti Background Zoom di HP Android atau Iphone

Sebaiknya rutin dilakukan pembersihan atau bisa pula Anda memasang rentang waktu hapus otomatis. Dengan begitu, Anda tidak akan repot atau lupa menghapusnya. 

4. Perangkat yang Digunakan Error

Perangkat eror juga berdampak pada Google Form tidak bisa diisi ataupun dibuka. Selain itu, bila perangkat sudah cukup lama atau memiliki ruang penyimpanan yang berat.

Hal ini yang menyebabkan errornya perangkat.  Untuk mengatasi gangguan tersebut, Anda bisa melakukan restart pada perangkat yang sedang digunakan.

5. Sistem Sedang Error

Apabila Google Form tetap error meskipun telah melakukan beberapa cara untuk mengatasinya. Itu berarti sistem pada browser sedang mengalami gangguan.

Dengan begitu, Anda tidak bisa melakukan apa-apa, selain menunggu pihak Google mengatasi maintenance agar browser dapat berjalan kembali. 

Cara Membuat Google Form

Setelah melihat berbagai macam keunggulan dan fungsinya, tidak ada salahnya beralih untuk menggunakan form yang jauh lebih praktis dan mudah.

Nah, ikuti langkah di bawah ini untuk membuat Google Form.

  1. Cara membuat formulir yang pertama adalah Anda wajib memiliki akun Google. Jika belum mempunyai, buatlah terlebih dahulu.
  2. Buka halaman login akun Google dan klik buat akun. Anda tinggal mengisi data diri dan mengikuti prosedur pengisiannya saja. Lalu, masukkan nomor telepon untuk menerima verifikasi akun.
  3. Selanjutnya, buka situs Google Form. Pada tampilan awal, akan muncul pilihan berupa dokumen, spreadsheet, slide, dan formulir. Pilihlah sesuai kebutuhan.
  4. Anda juga bisa memilih berbagai macam template yang menarik. Misalnya ingin membuat kuesioner, Anda bisa menggunakan template yang tersedia, mulai dari informasi kotak, konfirmasi atau absen kehadiran, undangan, dan lain-lain. 
  5. Kemudian, Anda tinggal membuat form dengan mengklik pada bagian template yang tersedia.
  6. Apabila ingin membuat form sendiri. Klik pada bagian formblank” dan buat nama survei pada kolom unitedform.
  7. Isi deskripsi survei pada kolom formdescription.
  8. Ikuti saja langkah selanjutnya, hingga form berhasil dibuat. Bagaimana sangat praktis kan? Kira-kira seperti itu keunggulan, fungsi, maupun penyebab bila Google Form tidak dapat diisi. Jadi tidak perlu cemas, ya!

Artikel Uptodown Lainnya

10 + Aplikasi Edit Foto Menjadi Kartun Untuk Android, ios, Pc dan Laptop

Cara Menyembunyikan History Mobile Legends

Simak, Begini Cara ByPass Akun Mobile Legends Yang Terkena Hack

Rate this post