Waspadalah ! Begini Cara Melihat Pinjaman Online Resmi Berizin OJK

Posted on

Pinjaman Online Resmi – Dengan adanya situasi yang seperti saat ini banyak sekali tersedia aplikasi pinjaman online resmi atau biasanya disebut dengan pinjol yang sangat mudah untuk diakses oleh kalangan masyarakat secara mudah dan gratis.

Namun, yang harus kamu ketahui adalah tidak semua aplikasi pinjaman online tersebut legal, kredibel dan aman ketika digunakan. 

Maka dari itu, untuk kalian yang berencana untuk mengajukan pinjaman online ada beberapa hal yang penting wajib kamu ketahui adalah memastikannya kepada penyedia layanan lebih dahulu.

Hal ini harus adanya izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang merupakan lembaga resmi negara yang memberikan pengawasan akan aktivitas berbagai jasa keuangan yang ada di Indonesia. 

Salah satu syarat untuk bisa mengantongi izin usaha dari OJK ini begitu ketat sehingga sangat direkomendasikan supaya kamu lebih terhindar dari berbagai macam potensi terkena penipuan dan terjebak dalam layanan pinjol yang ilegal dan bunganya yang mencekik. 

Lalu bagaimana supaya kita tahu, jika layanan pinjaman online terbaik dan sudah terdaftar dalam OJK.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek apakah layanan pinjaman online tersebut sudah terdaftar di dalam OJK. 

Cara Cek Status Pinjaman Online Terdapat Di OJK

Ancaman paling utama dari menggunakan layanan aplikasi pinjol ini adalah berasal dari layanan yang ilegal dan tidak terdaftar di OJK.

Hal ini berakibat tidak memiliki kesesuaian dengan yang sudah regulasi OJK terbitkan yang memiliki bunga tinggi dan tenor pelunasan yang singkat sehingga dapat mencekik para penggunanya. 

Oleh sebab itu sebelum kamu memutuskan untuk melakukan pinjaman online harus terlebih dahulu mengecek status terdaftar OJK atau belum.

  7 Cara Pakai Filter di Zoom Buat Meeting Kita Lebih Ceria dengan Filter

OJK ini akan bertugas dalam mengatur, mengawasi, dan melakukan penyelidikan keseluruhan aktivitas keuangan yang ada di Indonesia. Berikut cara cek statusnya di OJK :

Cek secara langsung pada website OJK

Cara yang pertama dan dapat kamu lakukan untuk memastikan pinjaman online resmi OJK dengan cara melakukan cek secara langsung di website OJK. 

Pada halaman utama klik pada menu Publik 🡪 Pilih opsi berita dan kegiatan 🡪 selanjutnya klik publikasi.

Di halaman berikut kamu dapat mencari untuk berita publikasi “Penyelenggara Fintech Terdaftar Dan Berizin Di OJK”, di halaman ini akan memberikan informasi daftar pinjaman online yang terdaftar di OJK terbaru. 

Menghubungi kontak OJK langsung

Bukan hanya bisa lewat di halaman publikasi yang dapat diakses lewat website resmi yang disediakan oleh OJK.

Cara cek pinjaman online OJK dapat menghubungi kontak yang disediakan oleh OJK dan bertanya secara langsung. Kontak OJK yang resmi berada di nomor (021) 2960 0000, maupun lewat sebuah email. 

Cek lewat Whatsapp

Cara untuk melakukan pengecekan aplikasi pinjol yang ilegal berikutnya adalah lewat pesan Whatsapp, OJK sudah menyediakan hotline yang resmi yang dapat dihubungi untuk membuktikan legalitas pinjol tersebut. 

Berikut adalah cara resmi untuk melakukan pengecekan lewat Whatsapp :

Kamu dapat chat Whatsapp pada nomor 081157157157. Dalam kolom chat tersebut kamu ketikan nama pinjol yang akan dilakukan pengecekan.

Misalkan, “uang.com”, lalu kirim pesan tersebut. Selanjutnya bot akan melakukan pencarian, apakah pinjol tersebut terdaftar atau tidak di OJK. 

Ciri – Ciri Pinjaman Online Ilegal

Maraknya aplikasi pinjaman online saat ini membuat para oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkannya untuk membuat kerugian terhadap orang lain.

Inilah ciri-ciri dari pinjaman online yang ilegal, berdasarkan dari himbauan satgas waspada investasi :

  1. Menawarkan pinjamanannya lewat saluran komunikasi secara pribadi, baik itu SMS maupun pesan instan secara pribadi tanpa memiliki persetujuan dari para konsumen. 
  2. Tidak mempunyai izin yang resmi dari OJK. 
  3. Tidak mempunyai alamat kantor dan identitasnya tidak jelas. 
  4. Memberikan pinjaman begitu mudah. 
  5. Informasi bunga dan dendanya tidak transparan. 
  6. Memiliki bunga tidak terbatas. 
  7. Denda yang semakin hari kian membesar dan bertambah banyak. 
  8. Menagihnya tidak memiliki batasan waktu. 
  9. Melakukan akses keseluruhan data yang ada dalam ponsel. 
  10. Memberikan ancaman teror kekerasan, pencemaran nama baik, penghinaan, menyebarkan foto dan video pribadi milik para penggunanya. 
  11. Tidak mempunyai layanan  untuk pengaduan. 
  Yuk, Kita Kenalan Dengan Yandex Blue China Situs Untuk Menonton Video Bokeh

Sebelum kamu memutuskan menggunakan pinjaman online ke fintech peer – to – peer lebih dahulu pahami hal berikut ini :

  1. Pilihlah pinjaman online resmi dan sudah terdaftar OJK. 
  2. Jangan meminjam melebihi batas dan sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan yang kamu miliki. 
  3. Lakukan peminjaman dengan memiliki kepentingan yang produktif. 
  4. Lebih dahulu pahami biaya, manfaat, bunga, denda, jangka waktu, dan juga risiko sebelum meminjam di aplikasi pinjaman online. 

Kelebihan Dan Kekurangan Pinjaman Online

Pinjaman online ini mempunyai keunggulan yang tidak dimiliki oleh penyedia jasa kredit yang lainnya sehingga diminati oleh kalangan masyarakat.

Kelebihan Dari Pinjaman Online

Supaya lebih jelas berikut ini adalah kelebihan yang dimiliki oleh pinjaman online ini :

Pengajuannya mudah dan praktis

Salah satu hal yang menjadikan alasan yang utama mengapa pinjol ini populer di masyarakat dalam proses mengajukannya sangat mudah dan begitu praktis.

Proses pengajuannya dilakukannya secara daring dan tidak ada proses survei dan wawancara yang harus datang ke kantor cabangnya.

Kamu hanya butuh memanfaatkan smartphone dan juga koneksi internet, kamu bisa mengajukan pinjaman online dan dapat langsung ditransfer pada nomor rekening yang dituju.

Dana bisa dicairkan secara instan

Dana dari pinjaman online ini bisa dicairkan secara instan, bahkan hanya membutuhkan hitungan menit saja setelah pengajuannya disetujui.

Hal ini membuat pinjol sebagai salah satu alternatif paling tepat yang menjadikannya solusi supaya dapat menuntaskan masalah keuangan yang sangat mendesak. 

Syarat simpel dan mudah 

Jika kita akan melakukan pinjaman konvensional pastinya akan membutuhkan persyaratan yang tidak mudah, terutama kamu harus memberikan salah satu aset yang kamu miliki untuk di jadikan agunan.

Hal itu akan berbanding terbalik dengan jika kamu mengajukan pinjaman online resmi yang hanya membutuhkan beberapa berkas seperti KTP, NPWP dan juga slip gaji. 

Ada beberapa pinjaman online terpercaya yang meminta kamu untuk menyiapkan sejumlah dokumen yang berfungsi sebagai pendukung, supaya lebih dapat memuluskan dalam proses pengajuan.

Kekurangan Dari Pinjaman Online

Pinjaman online ini juga memiliki kekurangan yang harus diketahui oleh para calon penggunanya, di antaranya adalah :

  Cara Menghapus Akun Michat

Memberlakukan sistem bunga harian

Jika Kredit konvensional dan KTA akan memberikan bunga pinjaman dihitung bulanan, tidak jarang ada beberapa aplikasi pinjaman online bunga rendah nyatanya memberikan bunga secara harian kepada para nasabahnya. 

Jika kamu mengambil jangka waktu pengembalian yang singkat bunga harian ini memang tidak akan terasa membebani tetapi jika itu dalam waktu yang panjang dan sampai berbulan-bulan dan lupa perhitungan justru hal ini akan semakin membebani para nasabah. 

Platform pinjaman yang terbatas

Para penggunanya akan diberikan limit yang terbatas. Jika kredit konvensional memberikan limit hingga puluhan bahkan sampai ratusan juta dalam pinjaman online ini penggunanya hanya bisa diberikan limit ratusan ribu atau belasan juta saja.

Hal ini dilakukan supaya pihak pinjol dapat meminimalisir terkena risiko kerugian di saat nasabnya tidak dapat melunasinya. 

Tenor dalam pelunasan jauh lebih singkat

Selain memiliki platform yang sangat terbatas, pinjaman online juga mempunyai tenor yang jauh lebih singkat.

Rata-rata penyedia jasa pinjaman online ini hanya akan memberikan kelonggaran kepada para kreditur untuk bisa melunasi tagihan yang memiliki kurun waktu tidak lebih dari enam bulan. 

Perlu selalu kamu ingat jika akan melakukan pinjaman online, jika semakin panjang tenor yang kamu inginkan maka bunga yang akan kamu dapatkan juga akan lebih besar.

Usahakan memiliki tenor yang tepat supaya cicilan dari pinjol lebih dapat dijangkau keuangannya dan beban bunga yang kamu miliki tidak terlalu banyak dan tagihan yang kamu dapatkan tidak semakin membengkak.

Bijak menggunakan pinjaman online dengan menyesuaikan kebutuhan dan kemampuanmu untuk membayarnya. 

Hal yang harus selalu kalian ingat ketika akan mengajukan pinjaman online resmi adalah jangan mengajukan pinjaman online supaya bisa memenuhi kebutuhan jangka pendek saja dan tidak penting karena itu pastinya akan merugikan kamu di kemudian hari.

Memanfaatkan kelebihan dari pinjaman online tersebut untuk lebih bisa mengatasi berbagai masalah keuangan yang sangat mendesak.

Artikel Uptodown lainnya :

Coba Mainkan Candy Master APK, Game Menarik yang Bisa Menghasilkan Uang

Dari Pembeli hingga Menjadi Penjual, Inilah Cara Daftar Akun Shopee Terbaru 2021

Cara Membuat Twibbon Untuk Tampilan Media Sosial Semakin Terlihat Estetik